Popular posts

Visitors

Powered by Blogger.
Unknown On Monday, February 18, 2013


Secara tampilan perubahan yang dilakukan oleh Mazda Motor Indonesia memang tak memberikan efek yang berarti, alias hampir tak ada bedanya dengan varian sebelumnya.
Namun dibalik itu ternyata ada sedikit ramuan baru yang dihadirkan New Mazda2 RZ dalam upayanya untuk menampilkan suasana baru. Walau memang tak memiliki bobot yang berarti dalam sektor eksterior dan interior namun dari segi fitur kali ini New Mazda2 RZ hadir dengan kelebihan tersendiri.
Apa saja ubahannya, simak langsung ulasan reviewnya.
Desain
Bila melihat Mazda2 versi sebelumnya pasti Anda akan terkejut kala Anda memandang varian faceliftnya, karena memang secara tampilan tak ada yang berbeda. Lalu apa saja yang diubah oleh Mazda yang memiliki tagline Zoom Zoom ini dalam menghadirkan penyegaran terhadap Mazda2?
Tampilan depan bak pinang dibelah dua dengan generasi sebelumnya, tapi coba perhatikan sektor foglampnya yang memiliki desain baru dan terlihat jauh lebih simple dari versi sebelumnya. Tak hanya itu saja, bagian lampu utama juga telah diupgrade menggunakan projector headlamps yang memberikan pencahayaan lebih terfokus sehingga sisi visibilitas ketika sedang berkendara di malam hari jauh lebih baik.
Tak hanya itu, tampilan New Mazda2 RZ yang datang dengan menganut desain sporty dan stylish kini lebih terlihat dinamis dengan adanya pelek baru berbahan alumunium dengan dimensi 16".
Masuk kesektor interior, lagi-lagi disini bila Anda tak jeli pasti akan menganggap tak ada bedanya dengan versi terdahulu, namun bila diperhatikan sejenak minor change yang dilakukan MMI pada New Mazda2 RZ ini ada pada sektor  lapisan jok yang mengunakan bahan fabric baru. Kendati demikian, sektor kabin masih terasa biasa saja dengan tatanan yang simple dan juga doortrim yang hanya terlapis bahan plastik.

Performance
Agresif dan energik mungkin kalimat itu cocok untuk mengambarkan performa dari New Mazda2 RZ yang masih mengunakan mesin lamanya, MZR 1.5L DOHC 16-valve 4-cylinder dengan transmisi otomatis 4 percepatan.
Mesin ini diklaim mampu mengantarkan tenaga maksimal hingga 103 PS pada 6000 rpm dan torsi 13.76 Nw pada 4000 rpm. Dengan demikian tenaga putaran yang dihasilkan oleh New Mazda2 RZ ini memang cukup responsif. Baik dari putaran menegah hingga atasnya. Moment terbaik yang dapat dipacunya adalah saat rpm berada di atas 2500-3000, dimana tenaga terasa terus mengisi hingga putaran atasnya.
Dari titik diam menuju 100 km/jam mampu dituntaskan oleh New Mazda2 RZ dalam waktu kurang dari 12 detik, sedangkan ketika mencicip tarikan atas alias top speednya pada mode "S" mesin sedikit menderung hingga terdengar dan masuk keruang kabin. Sayangnya, saat digeber habis hingga jarum spidometer mengarah ke angka 140 lebih, si mungil ini mulai goyang layaknya gejala limbung dengan sedikit getaran sehingga kami pun memutuskan untuk menurunkan pedal gas sedikit demi sedikit.
Rasa dan sensasi yang dihadirkan tak beda dengan varian sebelumnya, kelincahan dalam sisi handling tetap menjadi jargon dari New Mazda2 RZ ini. Ukuran dimensi yang kompak ditambah dengan suspensi depan menggunakan Independent MacPherson strut serta Torsion beam di bagian belakang yang didukungan fitur Electric Power Assist Steering (EPAS) membuat si Zoom Zoom ini cukup smooth kala bermanuver.
Comfort
Bicara soal sisi kenyamanan, meski memiliki dimensi yang kompak sebagai city car hatchback New Mazda2 RZ cukup memiliki ruang yang tak kalah lega untuk menampung penumpang dewasa. Dari sektor visibilitas dihadirkan dengan cukup lapang dengan dukungan desain dashboard yang simple.
Masalah legroom juga dihadirkan sangat baik di baris pertama, namun tidak untuk baris ke-2 yang notabenenya dapat menampung 2 orang dewasa ini. Desain jok belakang yang sedikit datar tanpa adanya instrumen penyetelan posisi dapat membuat penumpangnya terasa lelah dan pegal ketika berada didalam terlalu lama. Selain itu ruang legroomnya pun tak seluas dengan baris pertama yang pastinya menimbulkan ketidak nyamanan tersendiri bagi penumpangnya.
Meski memiliki dimensi yang kompak, namun Mazda masih berbaik hati untuk menyediakan ruang bagasi yang cukup lapang sehingga mampu menampun beberapa barang bawaan kepentingan Anda.
Fitur

Di sisi fitur inilah perubahan signifikan cukup terasa pada varian New Mazda2 RZ yang merupakan tipe tertinggi dikelas Mazda2. Datang membawa fitur baru berupa Smart Entertainment System (SES) yang notabenenya merupakan perangkat hiburan dengan kemampuan internet browser dan sistem GPS.
Pada SES ini juga telah teraplikasi beragam menu lainya seperti, DVD/VCD/CD/MP4 dan MP3, USB, iPod, TV Tunner, rear camera yang semuanya terorganisir melalui layar LCD berdimensi 8" yang juga berguna sebagai sarana informasi mengenai keadaan kendaraan layaknya tekanan angin dan sebagainya. Dengan adanya fitur baru ini, Mazda mencoba merealisasikan kesan stylish dari sisi entertainment Mazda2. Pengoprasian Internet browser dapat dilakukan dengan cara menginput kartu seluler yang dapat digunakan kedalam SES tersebut.
Tak hanya memanjakan dalam hal segi hiburan saja, beberapa fitur baru pun turut mengandeng kehadiran New Mazda2 RZ layaknya speed sensitive auto door lock system, power window dengan jam-safe mechanism serta remote keyless entry dan start engine knob yang telah didukung dengan fitur keselamatan sebagai perangkat standar dari New Mazda2 RZ ini.
Price
Dari lima varian yang dihadirkan oleh MMI, tipe New Mazda2 RZ A/T merupakan strata tertinggi yang dibandrol dengan harga Rp 229 juta. Tentunya Mazda2 tidak sendirian bermain di kelas ini, karena dengan harga yang kompetitif New Mazda2 RZ bersaing dengan Honda Jazz RS dan juga Toyota Yaris TRD yang lebih dulu telah berkecimpung di kelasnya.
 Sumber : Www.Bosmobil.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers